Singapura Akan Bebas Karantina dari Batam dan Bintan 

Singapura Akan Bebas Karantina dari Batam dan Bintan 

Metroterkini.com - Singapura akan menerapkan bebas karantina bagi pengunjung yang berasal dari Pulau Batam dan Bintan, Indonesia. Kebijakan ini dilakukan setelah Singapura berencana menerapkan vaccinated travel lane (VTL) laut di kedua wilayah itu pada 25 Februari nanti.

"Singapura sebelumnya menerapkan vaccinated travel lane (VTL) melalui jalur udara dari Bandara Soekarno-Hatta. Mulai tanggal 25 Februari diterapkan VTL Laut dari Batam dan Bintan," ujar Duta Besar RI untuk Singapura, Suryopratomo, ketika dihubungi CNNIndonesia.com via WhatsApp, Rabu (16/2).

Suryopratomo juga mengungkapkan aturan bebas karantina ini berlaku bagi warga negara Indonesia dan Singapura.

"Untuk pelancong bukan dari Indonesia atau orang Singapura, harus sudah tinggal tujuh hari di Batam atau Bintan sebelum masuk Singapura," tuturnya.

Mengutip situs resmi pemerintah Singapura, pelancong yang telah divaksinasi lengkap dari Batam dan Bintan bisa mendaftar VTL ini pada 22 Februari mendatang.

Untuk memulai program ini, Singapura mengizinkan 350 pelancong dari Terminal Feri Internasional Nongsapura (NIFT) di Batam, dan 350 orang dari Terminal Feri Bandar Bintan Telani (BBTFT).

Sebelumnya, pengunjung dari Indonesia bisa masuk Singapura melalui VTL atau bebas karantina melalui jalur udara.

Sementara itu, pelancong tetap harus menjalani dua tes Covid-19. Untuk tes pertama, warga bisa memilih melakukan tes PCR atau tes Rapid Antigen yang dilakukan oleh profesional. Tes ini harus dilakukan dua hari sebelum berangkat ke Singapura dan pelancong harus mendapatkan hasil negatif.

Tes kedua dilakukan di Pusat Tes Cepat atau Pusat Tes Gabungan saat tiba di Singapura. Tes ini harus dilakukan dalam jangka waktu 24 jam setelah tiba di Singapura. Warga juga harus melakukan isolasi mandiri sampai hasil tes mereka diterima dan dinyatakan negatif.

Skema perjalanan VTL sendiri mengizinkan pendatang asing yang sudah vaksinasi Covid-19 lengkap dari negara-negara tertentu masuk Singapura tanpa harus menjalani karantina. [**]
 

Berita Lainnya

Index